Tips Memilih Suplier Yang Terpercaya

1. Cari bukti kalau mereka supplier

Biasanya supplier itu terletak di kota-kota besar pulau jawa seperti jakarta, yogyakarta, surabaya, bandung, solo dan malang. Cara yang paling mudah adalah datangi langsung, apabila anda satu daerah dengan supplier tersebut. Misalkan anda beda daerah / beda kota bahkan pulau, coba minta kolega atau kenalan anda untuk mengunjungi alamat supplier tersebut.
Kalau misal tidak ada kolega, mintalah bukti foto toko atau tempat kerja supplier tersebut, kalau ada papan nama toko lebih baik, kalo tidak ada, coba  minta tuliskan di atas secarik kertas nama toko / onlineshop si supplier lalu ikut di foto bersama lokasi tempat berjualan. Ribet memang, tapi tenang saja, supplier sungguhan tentu dengan senang hati akan melakukannya, dan banyak juga dari mereka (supplier) yang melakukan promosi di forum jual beli atau web dengan menampilkan penampakan toko mereka.

2. Punya customer service (CS)

biasanya supplier punya customer service untuk melayani para pembelinya. Jarang seorang supplier yang punya ratusan hingga ribuan produk melayani customernya seorang diri. Pasti akan capek sekali. Kecuali supplier tersebut menjual barang-barang yang terbatas seperti koleksi barang antik. Selain itu CS nya merespon anda dengan baik minimal akan menjawab pertanyaan anda dalam waktu tidak lebih dari 1 jam. Kalau lama membalas hingga berhari-hari, sudah pasti itu bukan supplier

3. Punya website

Memang tidak semua supplier mempunyai website. Tapi supplier yang mempunyai website berarti sudah siap untuk diajak bekerja sama. Mereka juga butuh reseller dan reseller tentu butuh supplier. Website juga berguna untuk mengupdate stok barang. Selain itu biasanya para supplier akan memberikan informasi-informasi penting seputar keberadaan tokonya di website tersebut.

4. Lihat testimonialnya

Testimoni adalah ucapan atau pernyataan seorang pembeli dalam menanggapi pelayanan dari si penjual. Biasanya ucapan terima kasih karena barang sudah datang, atau ungkapan kepuasan karena barang yang dibeli sesuai harapan. Biasanya supplier akan memasukkan testimoni-testimoni nya di web atau media sosial lainnya. Namun anda harus hati-hati karena testimoni ini bisa juga editan lho.

5. Minta foto barang pesanan dan paket anda yang siap dikirim

Ini sering dilakukan oleh customer saya. Tapi selalu saya lakukan bila di minta. Karena saya supplier baju, jadi saya selalu fotokan baju apabila diminta, selain itu penting untuk menunjukkan warna asli, karena gambar di foto hanya 90% menyerupai aslinya.
Bagi reseller yang dropship. Wajar mereka minta foto paketnya, takutnya pengirimnya pake nama toko online saya hehehe. Biasanya seperti ini hanya di awal-awal saja. Selanjutnya para reseller saya sudah percaya penuh kalau saya memberikan pelayanan yang terbaik dan siap bekerja sama dengan mereka.

6. Coba order 1 barang dulu

Ini juga sering dilakukan. Untuk membuktikan apakah supplier itu benar-benar bukan penipu, anda sebaiknya mencoba memesan 1 barang dulu, yang paling murah saja. Dengan mencoba memesan, anda bisa melihat kualitas barangnya, bentuk packingannya (rapi atau tidak), dan membuktikan apakah mereka beneran bisa dropship apa tidak.
Misal anda membeli sebuah kaos, mintalah ke supplier agar dikirim ke alamat rumah anda, dengan NAMA PENERIMA adalah SUAMI / ADIK/ KAKAK (dll) anda. NAMA PENGIRIM adalah nama anda. Jika sesuai dengan permintaan anda, berarti supplier ini bisa di ajak kerja sama.
Memilih supplier memang tidak mudah, apalagi bagi anda yang baru memulai bisnis online. Namun ikutilah tips yang saya berikan di atas. Tips itu sudah saya coba sejak pertama kali menjadi reseller dulu. Alhamdulillah tidak pernah mengalami penipuan dan selalu puas dengan pelayanan yang diberikan.
salam hangat
www.raisabajubranded.com

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *